TUGU JOGJA - Monumen Bersejarah Wisata Kota Yogyakarta

Tugu Jogja semakin malam bagai primadona

Tugu Jogja, wujud bangunan berbentuk Tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau Ikon dari kota Yogyakarta. siapa yang berkunjung ke Kota Jogja belum lengkap rasanya jika belum menyempatkan diri bercengkrama menyentuhnya, ber fotoria bersamanya karena Monumen Tugu yang satu ini bagai primadona cantik ditengah lelaki para pemujanya, semakin malam semakin rame wisatawan yang ingin mengabadikan momen romatisnya di kota seni dan budaya.

Menurut sejarah Tugu ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri kraton Yogyakarta. Tugu yang berada di ujung utara jalan Malioboro ini, mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis lurus yang bersifat magis yang menghubungkan arah laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi bagian ujung utara Jogja.

Pada saat melakukan meditasi, konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan titik tugu ini sebagai patokan arah menghadap ke puncak gunung Merapi.

Tugu ini sekarang merupakan salah satu bagian dari objek pariwisata Kota Jogja, dan sering dikenal dengan istilah Tugu pal putih (pal juga berarti tugu), karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini sebelum proses rekontruksi berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya. Dari kraton Yogyakarta kalau kita melihat ke arah utara, maka kita akan menemukan bahwa Jalan Malioboro, Jl Mangkubumi, tugu ini, dan Jalan Monumen Jogya Kembali akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung Merapi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...