HANG SON DOONG - Goa Terbesar Di Dunia Ada di Vietnam


Goa terbesar di Dunia
Hang Son Doong menyajikan misteri Keajaiban Dunia tersembunyi di Bawah Tanah yang sangat Menakjubkan ini sebagai Goa Raksasa atau Goa Terbesar di Dunia yang ditemukan di pegunungan Annamite desa Phong Nha-ke Bang National Park Provinsi Quang Binh dekat daerah perbatasan Laos dengan Vietnam.

Untuk mencapai lokasi ke Goa Son Doong yang sangat spektakuler ukuran besarnya ini harus menempuh perjalanan sejauh 8 sampai 10 km dengan berjalan kaki selama kurang lebih 6 jam dengan jarak tempuh dari jalan raya kota.

Keberadaan Goa Son Doong untuk pertama kalinya ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang warga penduduk sekitar yang bernama Ho-Khanh yang konon kabarnya semenjak ditemukanya lokasi keberadaan Goa yang masih Misterius ini tidak ada seorangpun penduduk desa setempat yang berani coba-coba untuk masuk ke dalam Goa.

Jangankan untuk memasukinya Bahkan hanya sekedar untuk mendekat ke Goa ini pun juga tidak ada yang berani, karena selain lokasinya yang sulit di jangkau, Goa ini juga di kenal sangat angker dan menakutkan bagi para penduduk setempat yang tinggal di sekitar lokasi goa.

Menurut banyak kisah cerita warga, Goa Son doong ini memang sangat menyeramkan jika sudah berada di dekat lokasi keberadaannya, salah satu alasanya karena seringnya terdengar suara-suara aneh berbunyi sangat misterius bak suara seruling syetan di tengah hutan pegunungan.

Suara-suara misterius yang sering terdengar dari arah dalam Goa Son Doong itu Seperti bunyi siul-siulan  atau seperti desisan angin yang tertiup bagai nafas Naga Raksasa yang seakan sedang tidur pulas di bawah kegelapan yang terus menerus berbunyi saling bersahutan.

Dan bunyi-bunyi menakutkan yang terdengar dari dalam Goa Son Doong tersebut oleh para penduduk sekitar Goa juga di anggap sebagai suara hantu atau makhluk aneh yang mungkin banyak menghuni di dalam gelapnya Goa tersebut.

Pada suatu ketika pada Tahun 2009 datanglah sekelompok ilmuwan ekspedisi pemberani dari inggris datang Ke lokasi Goa Son Doong dari tim Cave Research Association yang dipimpin oleh Howarrd dan Deb Limbert.

Penjelajahan ke Goa Son Doong oleh tim ilmuwan pun dimulai dengan dipandu oleh Ho-Khanh salah satu warga yang menemukan pertamakalinya keberadaan Goa Soondong tersebut dengan misi melakukan Survey pembuktian dan penjelajahan ke dalam Goa Son Doong guna melakukan pelacakan juga penelitian ilmiah dengan keberadaan Fenomena Alam misterius yang belum terkuak di Goa Son Doong yang di duga sebagai Goa Terbesar Di Dunia.

Ekspedisi Penjelajahan ke Goa Son Doong pun dimulai pada tanggal 10 April sampai 14 april 2009 hingga banyak sekali penemuan - penemuan baru yang sangat mengejudkan para tim ilmuwan, salah satunya seperti misteri suara-suara aneh di dalam Goa Son Doong yang tak lain ternyata suara-suara bunyi hembusan angin yang tersedot masuk lewat lubang dan celah-celah rongga dinding Goa akibat sangat derasnya arus sungai besar bawah tanah yang mengalir di bagian terdalam lokasi Goa tersebut.

Selain penemuan bukti-bukti ilmiah suara Aneh dalam Goa Son Doong, Juga banyak ditemukan tanda - tanda habitat kehidupan Flora dan Fauna, semacam hutan di dalam goa, bahkan juga banyak di jumpai beberapa jenis spesies hewan seperti Monyet, Burung Rangkong, Tupai Terbang, Air terjun, Stalaktit setinggi 260 kaki (78 Meter) Benar-benar sangat spektakuler dan menakjubkan.

Begitulah misteri keberadaan alam Goa Son Doong yang setelah di teliti ternyata sangat mengagumkan dan menakjubkan sekali karena ternyata Goa Son Doong menurut Limbert adalah benar-benar sebuah Goa Terbesar Di Dunia, Bahkan sebagai Goa Terpanjang dan Terluas di Dunia 5 kali lebih besar dari Goa Phongnha yang sebelumnya dikenal Goa Terbesar di Vietnam.

Goa Son Doong memiliki ruang terbesar hingga mencapai lebar 150 meter, ruang tertinggi Tinggi 200 meter dengan panjang kedalaman Goa sekitar 9 km setelah di buktikan pengukuran oleh tim Ilmuwan penjelajah dengan alat pengukur canggih yang bisa mengukur mendekati tepat di lokasi tersulitpun di dalam Goa.

Dengan berbagai upaya penelitian yang sangat sulit dan pembuktian ilmiah oleh tim ekspedisi penjelajahan Goa tersebut menjadikan Goa Son Doong nyata sebagai penemuan baru yang sangat mengejutkan sebagai sebuah Goa Raksasa Terbesar di Dunia yang pernah di jelajah manusia.

Bahkan menurut hasil perbandingan nyata ukuran dengan Goa Terbesar Di Dunia yang lain sebelumnya  menjadikan Goa Son Doong 2 kali lipat lebih besar dari Goa Rusa di kepulauan kalimantan malaysia yang hanya selebar 90 sampai 100 meter, dengan panjang kedalaman 2 km yang sebelumnya memang resmi menduduki peringkat sebagai Goa Terbesar Di Dunia.

Begitulah fenomena ajaib keberadaan Goa Terbesar Di Dunia yang benar-benar sangat menakjubkan ini yang menurut analisa tim ekspedisi ilmuwan memperkirakan proses terjadinya Goa ini tebentuk selama 2 hingga 5 juta tahun yang lalu akibat kikisan air Sungai bawah tanah yang terus mengalir deras sehingga membentuk Skylight besar sepanjang Goa Son Doong yang sangat berkarakter sempurna sekali sebagai wujud bukti nyata Sang Pencipta Agung Alam semesta jagat raya ini dalam mencipta keindahan Alam bawah tanah Goa Son Doong sebagai Goa Terbesar Di Dunia yang belum ada yang menandingi keberadanya dan nyaris luput dari sepengetahuan manusia.

Karena keberadaan Goa yang begitu sangat menakjubkannya dan belum ada yang menandinginya ini, Pada tahun 2014 Goa Son Doong di Quang Binh, Vietnam ini pun dinobatkan kembali sebagai Is One of the world’s largest caves. yang dirilis media New York Times pada tanggal 10 bulan januari tahun 2014 dengan nomer urut ke 8  dari 52 Places to Go in 2014 bersama Indonesia juga yang diwakili oleh propinsi Yogyakarta pada nomer urut 20 sebagai tempat yang banyak memenuhi syarat kelayakan untuk dikunjungi wisata dunia di tahun 2014.

Begitulah yang masih sedikit tentang Keberadaan Goa Son Doong sebagai Goa terbesar di Dunia fersi Jogje.com yang mengambil data-data terkait dari berbagai sumber situs resmi yang kami percaya ke akuratannya sebagai pembading dan referensi melakukan Trip Perjalanan wisata menarik di dunia juga agar sedikit menambah pengetahuan tentang berbagai keajaiban alam karya terhebat sang maha pencipta yang banyak tersirat di muka bumi yang sangat indah ini.

Dan Goa Son Doong pun Sekarang sudah di buka untuk wisata umum sebagai salah satu Tujuan Paket Wisata Adventur ke Vietnam buat siapapun yang berkantong tebal dengan biyaya sekitar $ 6.000 per trip dengan maksimal cuma 220 kali penjelajahan yang di ijinkan untuk Menyusuri Goa Son Doong dalam setiap tahunya Bersama Oxalis Adventures satu - satunya sebuah perusahaan yang di ijinkan menangani dan melayani trip Penyusuran ke Goa Son Doong.

Dan orang terkenal yang pertama kali yang berhasil mencoba trip penelusuran ke Goa Son Doong pada awal tahun 2014 ialah seorang Putra mahkota pangeran Arab Saudi Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. yang tidak hanya terkenal koleksi mobil termahal dan kepemilikan kapal pesiar mewahnya ternyata juga seorang pecinta alam penjelajahan meskipun di tempat berbahaya sehingga beliau mendapat sertifikat dari Mr. Tran Tien Dung , Wakil gubernur propinsi Quang Binh karena berhasil sukses melakukan trip penjelajahanya menyusuri dalamnya Goa Son Doong vietnam.

Text by: Asma Syarief | Copyright © 2013 www.JOGJE.com | Follow dan temukan foto-foto kami di Instagram @Asmasyarief

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...