PANTAI BARON - Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Baron gunung kidul, wisata pantai terkenal di gunung kidul, nelayan pantai baron, pemandangan pantai baron, foto pantai baron, pantai baron tempat muara sungai bawah tanah
Foto Wisata Jogja Pantai Baron Gunung Kidul dilihat Dari Puncak Bukit

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Yogyakarta - Indonesia Pantai Baron ini merupakan Tempat Wisata Pantai paling Terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan di Wisata Pantai Jogja Gunung Kidul yang sebenarnya berupa teluk yang diapit oleh dua buah perbukitan di sisi kanan dan kirinya dengan Pasirnya yang berwarna Coklat menghampar di sepanjang Wisata Pantai.

Di atas pasir Pantai Baron itu berjajar perahu-perahu nelayan yang membelakangi lautan. Perahu-perahu itu baru pulang dari melaut atau sedang beristirahat kala musim melaut belum tiba.
Pantai Baron Selain sebagai tempat Wisata juga menjadi sebuah dermaga bagi para nelayan untuk berangkat dan pulang untuk mencari nafkah Sehingga, di kawasan Wisata Pantai ini juga dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai pasar para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya di laut.
Muara Sungai Bawah Tanah Di Wisata Jogja Pantai Baron Photo by: Asma Syarief
Tidak kalah menariknya adalah perjalanan ke tempat Wisata Pantai ini. Sepanjang perjalanan ke Wisata Pantai Baron, akan disuguhi pemandangan alam pedesaan yang eksotis dan masih alami. Bukit-bukit, sawah, dan landscap alam yang hijau akan membuat mata yang melihat menjadi lebih segar. juga Jalan yang berkelok-kelok dan naik turun akan menambah pengalaman tersendiri perjalanan anda menuju Pantai Baron yang mengasyikkan ini.

Di Pantai Baron, Anda dapat berenang sepuasnya asalkan tidak melewati batas terjauh yang telah ditentukan. Sebab, bagaimanapun juga Wisata Pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar. Di Pantai Baron Anda dapat bermain pasir sepuasnya, menikmati badan yang lengket karena air laut, atau menikmati semilir angin laut yang kencang berhembus. Setelah puas bermain air laut, Anda dapat mandi di muara sungai bawah tanah yang terdapat di pantai ini dan yang tidak akan ditemukan di tempat lain karena Di Pantai Baron Terdapat Aliran Sungai yang sangat jernih yang berasal dari sungai bawah tanah pegunungan Gunung Kidul yang biasa buat mandi berenang bagi para pengunjung wisata terutama anak-anak
Muara Sungai Bawah tanah yang jernih di Wisata Jogja Pantai Baron
Air sungai bawah tanah yang masuk ke Wisata Jogja Pantai Baron ini sangat segar, Berbeda dengan air sungai-sungai yang kita kenal seperti biasanya, sungai ini jauh dari pencemaran karena sungai ini mengalir dari bawah tanah yang keluar dari celah-celah bongkahan Tebing bukit karang yang lumayan terjal yang di dalamnya terdapat Goa yang mengalirkan air sungai bawah tanah seperti di Goa Pindul yang memang masih banyak terdapat arus sungai-sungai bawah tanah di daerah pegunungan batu kapur di kabupaten gunung kidul.

Bermain pasir dan mandi di Pantai Baron memang menyenangkan, tetapi akan kurang rasanya kalau tidak mencicipi masakan laut hasil tangkapan para nelayan Pantai Baron.

Berbagai restoran yang ada di kawasan Pantai Baron menyediakan berbagai masakan khas laut yang dapat Anda nikmati bersama orang-orang tercinta dengan harga terjangkau.

Jika Anda ingin memasak sendiri ikan tersebut, Anda dapat membelinya di TPI Tempat Pelelangan Ikan yang juga berada di sekitar Wisata Pantai Baron ini. Tentu saja, ikan yang ada di sana sangatlah masih segar karena langsung berasal dari tangkapan nelayan laut yang berada di sebelahnya.

Dua bukit yang mengapit lokasi Wisata Pantai Baron ini merupakan lahan perkemahan yang dapat Anda gunakan jika Anda suka petualangan dan ingin menikmati suasana Wisata Alam Pantai Baron pada malam hari. dan Dari atas bukit, terlihat laut biru yang membentang, Bukit di Pantai Baron yang berada di seberang yang lain, dan perahu-perahu berwarna putih dan biru yang berjajar rapi.

Bukit-bukit di kawasan Wisata Jogja Pantai Baron ini cocok untuk digunakan sebagai lokasi lintas alam atau trekking. Anda akan tertantang ketika naik dan turun di bukit yang permukaannya terdiri dari bebatuan ini.
Dermaga perahu nelayan dan pengunjung Wisata Jogja Pantai Baron
Pemandangan di Wisata Pantai Baron ini akan lebih indah menjelang senja, yaitu ketika langit mulai berwarna merah kekuningan dan matahari perlahan turun sebelum akhirnya menghilang.

Bagi Anda penyuka nuansa senja, tentu tak akan rugi menikmati sunset di Pantai Baron yang indah ini Dari bukit sebelah kiri, Panorama senja di Pantai Baron akan terlihat lebih indah. Secara administratif, Wisata Pantai Baron terletak berada sangat dekat dengan Pantai Kukup yang hanya bersebelahan di antara bukit juga menjadi bagian dari sederetan Wisata Pantai yang lain seperti Pantai Pantai Sundak Kemudian Pantai Indrayanti jika perjalanan diteruskan ke arah timur.

Fasilitas Obyek Wisata Pantai Baron:
1.Hotel / Penginapan / Rumah Makan / Warung
2.Pasar/Souvenir/Oleh-Oleh
3.Parkir Luas
4.Kamar Mandi + Wc Umum

Peta Lokasi Wisata Pantai Baron ini sekitar 65 km dari arah kota Jogja atau 20 km ke arah selatan dari kota Wonosari. Untuk menuju ke lokasi Wisata Pantai Baron ini, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.
Jalur Perjalanan Wisata Dari Kota Jogja Menuju Kawasan Obyek Wisata Pantai Baron

Rute Menuju Obyek Wisata Pantai Baron yang disarankan

11. Terus lurus ke Jl. Baron 15,4 km
12. Belok kanan 3,1 km
13. Belok kiri 1,9 km
14. Belok sedikit ke kiri Tujuan ada Obyek Wisata Pantai Baron di sebelah kiri. 600 m

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...